Roh Kebenaran Dan Oknum Roh Kebenaran.

Roh kebenaran itu adalah ROH KUDUS atau ROH ALLAH Atau ROH SUCI yang merupakan DIRI ALLAH sendiri atau YESUS itu sendiri yang hadir kembali ditengah tengah manusia dalam Keberadaann-Nya seperti semula yaitu HAKEKAT ALLAH DALAM ROH.

ROH KEBENARAN adalah sebuah nama sebutan juga,yaitu HAKEKAT PRIBADI SANG PENCIPTA yang tidak dapat dilihat mata jasmaniah manusia.Dalam keberadaan ROH inilah SANG PENCIPTA itu selalu berfirman kepada nabi nabi ISRAEL dijaman Purba.Makanya dunia dan manusia tidak pernah melihat dan mengenalnya.Makanya kemudian SANG PENCIPTA itu memperjelas keberadaan-Nya kepada manusia dalam rupa manusia.

ROH KEBENARAN yang merupakan HAKEKAT PRIBADI SANG PENCIPTA hadir kembali didalam hati manusia sesaat sesudah YESUS naik ke Surga.

Makanya YESUS berkata kepada murid muridnya begini:

A..Yohanes 14 :18

14:18. Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.

B.Kitab Yohanes 16:16

16:16. “Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku lagi dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku.”

 
DALIL ROH KEBENARAN:

 
Nama sebutan”ALLAH” bukanlah nama Pribadi sang pencipta,manusialah yang menamakan Pribadi sang pencipta itu dengan sebutan ALLAH.Nama ALLAH yang kita sebutkan bagi SANG PENCIPTA itu tidak mengikat Pribadinya dengan nama itu.Karena sesungguhnya nama sang pencipta itu muncul akan selalu berhubungan dengan adanya “KARYA PERBUATAN-NYA”

Dia dsebut Khalik,Karena DIA melakukan Karya penciptaan,Dia disebut ROH KUDUS karena SIFAT-NYA yang kudus atau suci,Dia disebut Roh Kebenaran karena Dia adalah SUMBER KEBENARAN SEJATI dan yang mengajarkan kebenaran sejati kepada manusia,Dia disebut Elsadhai karena DIA Maha Kuasa.

Jadi nama ROH KEBENARAN dilekatkan bagi Pribadi sang pencipta itu karena Dia akan berkarya menginsyafkan manusia akan segala dosa dosa manusia dan juga berkarya mengajari manusia untuk memahami kebenaran SANG PENCIPTA itu.

Kalau SANG PENCIPTA itu hadir dalam rupa manusia maka disebut nama-Nya YESUS KRISTUS karena Dia sedang berkarya menebus manusia dari kuasa dosa.

Semua sebutan nama ,baik ROH KUDUS baik ROH ALLAH,baik ROH KEBENARAN,maupun YESUS KRISTUS semua merujuk kepada Pribadi SANG PENCIPTA.Karena nama nama sebutan bagi SANG PENCIPTA itu muncul selalu akan berhubungan dengan” Karya dan Perbuatan-Nya” dalam hidup manusia.

Jadi SANG ILAHI itu disebut ROH KEBENARAN adalah Karena Dia akan melakukan karya penginsyafan akan segala dosa dihati manusia dan juga akan melakukan karya pengajaran kebenaran sejati kepada manusia untuk bisa memahami kebenaran Pribadi-Nya dalam catatan Alkitab.

1.Yohanes 14 :26-27

14:21.Semuanya ini Kukatakan kepadamu,selagi AKU bersama sama dengan kamu
14:22.tetapi penghibur,yaitu ROH KUDUS,yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-KU,Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

2.Yohanes 16 :7

16.7.Namun benar yang kukatakan ini kepadamu:Adalah lebih berguna bagi kamu,jika Aku pergi.Sebab jikalau Aku tidak pergi,Penghibur itu tidak akan datang kepadamu,tetapi jikalau Aku pergi,Aku akan mengutus DIA kepadamu.

Satu respons untuk “Roh Kebenaran Dan Oknum Roh Kebenaran.

  1. Sisca berkata:

    Hi , saya mau tanya.

    Apabila benar umat kristen sudah di hinggapi/dirasuki/diilhami oleh roh kudus, lalu mengapa muncul begitu banyak denominasi Ke kristenan. Apakah masing masing dari mereka di masuki oleh roh kudus yang berbeda beda ?

    Pertanyaan saya di dasari atas terbentuknya konsil Nicocea yang memaksakan doktrin trinitas kepada gereja gereja yang menganut paham tuhan itu 1. Bahkan menurut sejarah ada salah satu pendeta Arius namanya terbunuh karena dia tetap menolak ajaran trinitas.

    Arius itu termasuk tokoh kristen yang banyak jemaahnya, apakah Roh kudus yang ada pada arius tidak menuntun dia ??

    Terima kasih

    Suka

Tinggalkan komentar